Perdagangan Mete, Kesejahteraan Petani dan Pelestarian Lingkungan

Perdagangan Mete, Kesejahteraan Petani dan Pelestarian Lingkungan

 

Oleh: Edi Purwanto

 

 

Kacang mete merupakan jenis bahan makanan yang diperdagangkan secara internasional dan memiliki harga per satuan berat termahal kedua setelah vanila. Indonesia merupakan   penghasil mete terbesar di dunia setelah India, Vietnam, Afrika Barat, Afrika Timur dan Brasil. Penghasil mete gelondongan (mete yang belum dibuka cangkangnya/belum dikacip, cashews in-shell) adalah Afrika Barat (25 % dari produksi dunia), disusul oleh India (22 %), Vietnam (21 %), Brazil (16 %),  Afrika Timur (9 %) dan kemudian Indonesia (5 %).  Hampir seluruh produksi mete di dunia (90 %) dihasilkan oleh petani kecil di pedesaan. Walaupun ada sekitar 25 negara penghasil mete, namun sebagian besar (99 %) pangsa pasar kacang mete (biji mete olahan, cashews kernels) dikuasai oleh tiga negara saja, yaitu India, Vietnam dan Brasil. 

 

India merupakan negara pengekspor kacang mete terbesar di dunia, menggantikan kedudukan Afrika Barat yang idustri kacang metenya rontok sejak era 1980-an, disusul oleh Vietnam, yang industri metenya baru berkembang sekitar 15 tahun lalu, namun karena pesatnya pertumbuhan berpeluang menjadi pengekspor kacang mete terbesar di dunia. Untuk memenuhi industri kacang metenya, India mengimpor mete gelondongan dari Afrika Barat, Afrika Timur dan Indonesia. Sedangkan Vietnam mengimpor mete dari Afrika Barat dan Indonesia. Sekitar 600 ton mete gelondongan dunia diekspor ke India dan Vietnam setiap tahunnya. Brasil sebagai pengekspor kacang mete terbesar ketiga, selama ini masih dapat memenuhi kebutuhan metenya sendiri.

 

Konsumen kacang mete dunia adalah negara-negara di Amerika Utara, Uni Eropa, China, Timur Tengah, India dan Australia. Yang menarik, India merupakan negara produsen dan sekaligus konsumen mete terbesar di dunia. Jumlah penduduk India sekitar 5 kali lipat Indonesia, namun konsumsi metenya 45 kali lipat. Kebutuhan kacang mete Amerika Utara dan Uni Eropa selama ini dipenuhi oleh India dan Brasil, India juga mengekspor kacang mete ke Timur Tengah, sedangkan Vietnam mengekspor kacang mete ke Amerika Utara, China dan Australia. Mete Indonesia sebagian besar diekspor dalam bentuk gelondongan ke India dan Vietnam dan kemudian dilabel sebagai produk India dan Vietnam, hanya sebagaian kecil (kurang dari 1 % dari pangsa kacang mete dunia), yang bisa berhasil menembus pasar kacang mete internasional.

 

Tulisan ini membahas pasar internasional mete Indonesia dan upaya yang telah dilakukan oleh LSM Operation Wallacea Trust (OWT) untuk mengangkat kesejahteraan petani sekitar Hutan Lambusango (hutan alam dataran rendah yang terletak di tengah Pulau Buton bagian selatan, secara administratif masuk di wilayah Kecamatan Kapontori, Lasalimu, Lasalimu Selatan, Siotapina, Wolowa dan Pasarwajo, Kabupaten Buton, Sultra),  untuk menembus pasar internasional melalui Sertifikasi Fairtrade.  

 

 

 

 

Peta Perdagangan Global Mete Indonesia   

 

Produksi mete gelondongan dalam skala nasional berada di kisaran 95.000 ton per tahun, jumlah ini tidak mengalami peningkatan berarti selama 10 tahun terakhir. Penghasil mete  utama adalah Sultra (35 % produksi nasional), Sulsel (25 %), Lombok, Flores dan Sumbawa (30 %) serta Jawa-Madura (10 %). Produksi mete Sultra cenderung menurun selama 10 tahun terakhir, karena sebagian besar kebun metenya telah berumur 30 tahun dan belum pernah diremajakan (produksi optimal umur 10-20 tahun). Sedangkan  produksi mete di Flores terus meningkat, karena ada peremajaan. Musim panen mete antara Bulan September sampai Januari. Produksi mete dari tahun ke tahun bervariasi dan ditentukan oleh kondisi cuaca saat proses pembungaan, khususnya intensitas hujan (semakin rendah semakin baik), frekuensi hujan (semakin sering hujan dengan intensitas rendah semakin baik) dan kecepatan angin (semakin rendah semakin baik). 

 

Ekspor mete gelondongan terus meningkat selama 10 tahun terakhir, yaitu dari sekitar 3000 metrik ton per tahun pada tahun 1990-an, kemudian meningkat hingga mencapai dua kali lipat sejak tahun 2006. Sebagian besar tujuan ekspor pada tahun 1990-an hanya India, namun sejak 1998, ekspor ke Vietnam terus meningkat dan kini proporsinya menyamai India.

 

Dari segi bisnis, ekspor mete gelondongan memang cukup menggiurkan. Pertama: kualitas mete gelondongan Indonesia lebih baik dibandingkan dari Afrika, karena itu harganya berada di kisaran tertinggi (sekitar 775 USD per metrik ton). Kedua: Musim panen mete di Indonesia tidak bersamaan dengan musim panen negara penghasil mete utama dunia (musim panen mete Vietnam, India dan Afrika berlangsung dari Februari ingá April), sehingga memiliki daya saing yang tinggi. Ketiga: Indonesia, secara geografis relatif dekat dengan Vietnam dan India, sehingga proporsi biaya transportasi terhadap total harga penjualan akhir relatif rendah, yaitu hanya sekitar 7 %.  Bandingkan dengan mete dari Afrika Barat yang biaya transportasinya bisa mencapai 40 %. 

 

Pertanyaannya: Apakah keunggulan komparatif mete Indonesia telah dinikmati oleh petani mete di pedesaan Sulawesi? Jawabanya belum ! Ibaratnya masih  jauh panggang dari api. Keunggulan komparatif mete Indonesia selama ini lebih banyak  dinikmati oleh para pedagang dan eksportir mete, bahkan sebagian adalah warga negara India yang langsung terjun dalam perdagangan mete di Indonesia. Lalu upaya apa yang perlu dilakukan untuk membuat keunggulan komparatif mete Indonesia bisa dinikmati oleh petani mete yang merupakan masyarakat termiskin yang berada di sekitar hutan?

 

Sertifikasi Fairtrade

 

Pulau Buton dan Muna telah lama dikenal sebagai penghasil mete. Adalah Gubernur Alala yang pada tahun 1980-an mempelopori gerakan rehabilitasi lahan (Gerakan Desa Makmur Merata/Gersamata) dengan menanam kakao, cengkeh, kopi, rambutan, mete dan komoditas lainnya. Gerakan tersebut begitu berari bagi masyarakat Sultra saat ini, berawal dari gerakan tersebut kini Kolaka dikenal sebagai penghasil kakao, demikian pula Buton dan Muna sebagai penghasil mete dan sebagainya. Sayangnya petani mete di Buton dan Muna hingga saat ini masih tetap dibelit permasalahan, yaitu rendahnya kesejahteraan, karena produk mete andalan mereka selain produksinya berfluktuasi, miskin nilai tambah, juga rendahnya tingkat harga saat panen raya.

 

Sebagian besar petani mete menjual mete dalam bentuk gelondongan dan bukan dalam bentuk olahan (kacang mete), kondisi ini telah mengurangi nilai tambah yang bisa dinikmati oleh petani mete.  Di Pulau Buton, dari ratusan desa penghasil mete, hanya ada satu desa (yaitu Barangka) yang telah memiliki budaya mengolah mete. Sedangkan di Muna, hanya petani di sekitar Lombe yang telah begitu kental dengan pengolahan dan bisnis mete. Akar masalahnya adalah, pertama: petani belum mengenal teknologi pengkacipan (pengolahan) mete; kedua: keterbatasan modal dan tenaga kerja. Saat musim panen tiba, petani selain telah terdesak berbagai kebutuhan (sehingga perlu segera menjual mete), juga kekurangan tenaga kerja, karena seluruh tenaga kerja terserap dalam kegiatan pemungutan dan pengeringan mete. Implikasinya, petani terpaksa melepas mete gelondongan dengan harga murah. Beberapa bulan kemudian, saat harga mete meningkat tajam (seiring dengan kelangkaan mete), petani mete hanya bisa gigit jari, karena seluruh mete telah berada di tangan pedagang besar. Idealnya petani mete mampu menyisihkan minimal setengah dari hasil panennya untuk disimpan, sehingga mereka bisa dapat menjual gelondongan saat harga baik atau mengkacip mete selama menunggu musim panen berikutnya. 

 

Menghadapi masalah tersebut, OWT dalam upaya pelestarian Hutan Lambusango, diantaranya telah memfasilitasi masyarakat sekitar hutan, yaitu  petani mete Desa Matanauwe, Asosiasi Petani Mete Matanauwe (APJMM), Kecamatan Siotapina, Kabupaten Buton untuk memperoleh Sertifikasi Fairtrade. Alhasil, karena usaha keras petani dalam memenuhi persyaratan Sertifikasi Fairtrade, Sertifikasi tersebut telah berhasil digapai pada bulan Januari 2008. Ini merupakan sebuah pencapaian yang luar biasa! Perlu dicatat bahwa APJMM merupakan kelompok petani mete pertama di dunia yang mendapat Sertifikasi Fairtrade dari Fairtrade Labeling Organization (FLO), Bonn, Jerman. Di Indonesia, sementara ini hanya ada dua asosiasi petani yang telah mendapat sertifikasi fairtrade, yaitu petani kopi di Tapanuli, Sumatra Utara dan APJMM di Buton.

 

Sertifikasi Fairtrade diberikan kepada kelompok tani yang memiliki organisasi (asosiasi, koperasi) dengan prinsip demokrasi, partisipasi dan transparansi sesuai standar yang diberikan oleh FLO. Hal ini dimaksudkan agar setiap rupiah keuntungan yang dihasilkan dari perdagangan internasional dapat terdistribusi secara adil dan merata ke seluruh anggota. Selain persyaratan tersebut, organisasi petani juga harus memenuhi standar kepekaan sosial dan lingkungan, termasuk tidak mengunakan pestisida yang mencemari lingkungan, pengelolaan sampah yang baik dan tidak merusak ekosistem hutan dan laut.

 

Dengan memperoleh sertifikasi fairtrade, maka APJMM telah mendapat tiket masuk  jaringan perdagangan mete internasional serta berhak mendapatkan fasilitasi perdagangan dari FLO untuk melakukan ekspor mete baik dalam bentuk gelondongan maupun olahan dengan harga premium (istimewa). Harga premium dimaksudkan untuk memberikan kesempatan bagi petani untuk dapat mensejahterakan dirinya, masyarakat dan lingkungan hidupnya.  Harga premium FOB (freight on board, di pelabuhan eksport domestik) untuk kacang mete adalah USD 7.27 per kg, atau sekitar Rp. 70.000, sedangkan harga lokal tertinggi untuk kacang mete kualitas satu adalah sekitar Rp. 45.000.  Dengan sistem faitrade petani juga akan mendapat pembayaran awal sebesar 50 % dari nilai transaksi, sisa pembayaran 50 % diberikan setelah barang sampai di pelabuhan tujuan. Hal ini memungkinkan petani miskin, dengan modal pas-pasan, mampu memenuhi order pasar  ekspor.  Kini APJMM telah melakukan ekspor mete perdana ke UK melalui perusahaan eksportir tersertifikasi dari Surabaya (PT. Supa Surya Niaga).

 

Selanjutnya FLO berperan untuk menjadi lembaga pengawas kinerja organisasi petani yang telah tersertifikasi. Apabila asosiasi tersebut terbukti melanggar prinsip demokrasi, partisipasi dan transparansi, atau terbukti merusak hutan,  mencemari tanah, sungai dan laut, maka sertifikasi akan dicabut.  

 

Sertifikasi Fairtrade merupakan sebuat perangkat (sistem) yang diciptakan oleh negara maju untuk membantu petani miskin di negara berkembang.  Melalui sertifikasi, petani miskin berkesempatan masuk dan mengambil keuntungan dalam  perdagangan internasional yang berkeadilan dalam upaya pengentasan kemiskinan. Namun sekaligus negara maju juga menuntut kepedulian petani untuk memelihara dan melestarikan lingkungannya demi kelestarian sumber-sumber kehidupannya maupun kelestarian bumi  yang hanya satu ini!

Responses

  1. content ini menarik karena peluang Indonesia meman cukup terbuka untuk fairtrade. Kepingin tahu history nya bisa sampai sertifikasi dong?Soalnya saya sedang belajar tentang fairtrade. terimakasih

    • sy mau kerja sama dengan Mr.Raja tentang mete,krn usahaku mete tanpa lim
      harga di kotaku Rp.55.000 bila mau kerja sama bisa menghubungi nomer HP ku
      085229091492

      • saya adalah penyedia glondong dan hasil olahan mete alamat kami di jepara, jika ibu berkenan kita bisa bekerja sama BP arifin sulaiman 085325342555

  2. saya sangat tertarik dengan info ini. saya ingin tahu lebih detail tentang standar mutu ekspor mete dan tujuan negara mana aja, mengkin sekalian alamat emailnya. juga gimana tata cara ekspor mete

  3. Menurut pendapat saya tulisannya sangat kecil,,,,jadi susah di baca………………………dan yang lain mgkn dch bguzS…!!!!!!!!!!!!!!!!

  4. -iiiiiiiiiiiiiiiiiii

  5. saya berencana membuat usaha baru dibidang ekspor. dan saya tertarik untuk melakukan ekspor kacang mete.
    disini saya mau menanyakan tata cara perdagangan eksor kacang mete dari mana saya bisa mendapatkan atau mengumpulkan kacang mete ini dan berapa harga kacang nete gelondongan dipasaran international. dan berapa haga dari petani saya dapat kan?
    terima kasih

  6. Dear ak Edi
    saya berencana membuat usaha baru dibidang ekspor. dan saya tertarik untuk melakukan ekspor kacang mete.
    disini saya mau menanyakan tata cara perdagangan eksor kacang mete dari mana saya bisa mendapatkan atau mengumpulkan kacang mete ini dan berapa harga kacang nete gelondongan dipasaran international. dan berapa haga dari petani saya dapat kan?
    terima kasih

  7. Dear ak Edi
    saya berencana membuat usaha baru lokal mengumpulkan kacang mete ini, berapa haga dari petani saya dapat kan?
    terima kasih

  8. Saya mempunyai rekan bisnis di USA dalam usaha Furniture, dan dia mempunyai main bisnis perusahaan bakery, saya berencana untuk mengekspor kacang mete ke rekan saya tersebut.
    Yang perlu saya tanyakan bagaimana prosedur untuk ekspor kacang mete tsb, dan berapa kira-kira harga ekspor FOB yang pantas kita tawarkan?

    Terima kasih atas bantuan informasinya

    • Bapak beli sari saya saja di US. kami sudah ada di sana

      • dear mr sammy
        perkenalkan saya david di jateng.saya mengolah mete glondong menjadi olahan karnel mete oven.produksi saya sebulan baru 2 ton kacang mete oven.jika Mr. Sammy berminat untuk bekerja sama membeli produk saya bisa menghubungi di HP: 081218956711 atau email ke alamat : david.ibra74@yahoo.com

        jika Mr. Sammy serius membutuhkan suplai karnel mete.

        Thanks..

        Rgds

        david
        UD. Panenmas

  9. Saya dari yayasan masa depan untuk anak bali,project kami saat ini mengembangkan desa munti sebuah desa dengan 35 dusun dengan jumlah penduduk 5500 orang. Hampir 80% wanita dan anak-anak diwilayah ini mengemis/mengepeng ke kota. Karena daerah yang gersang penduduk tidak dapat mengolah sawah. Kemudian kami mencoba untuk menanam pohon mete dan berhasil.Kami mohon dengan sangat bantuanya agar kiranya kami diinformasikan prosedur maupun pangsa pasar mete untuk eksport maupun lokal. Tujuan kami hanya satu “agar nantinya masyarakat dapat berpenghasilan” anak-anak ber-nutrisi dan bersekolah.

    • kira2 berapa banyak kernel yang di hasilkan sebulan pak?

    • hi ngurah,

      boleh diinfo forecast mete yg dihasilkan berapa banyak setiap panennya dan biasa dijual berapa per/kg

      trims

      • wulantresna : kami siap menyediakan kacang mente kupas kualitas dan utuh. harga Rp 64.000/kg sudah termasuk biaya kirim jawa timur, jawa tengah, jawa barat dan bali. terima kasih. marketing : 081 939 829 672

    • Pak Ngurah , saya lagi cari mete . Says bisa hubungi bapak kemana ?

      • saya distributor kacang mete.brapa kwintal atau brapa ton yang ibu inginkan per bulannya. usaha kami berada di semarang hubungi kami di 081 22 777 0433 atau pin BB :3128E648
        harga kualitas I : RP. 75.000
        kualitas II : Rp. 50.000
        harga belum termasuk ongkos kirim

  10. dear Edi Mr

    Mohon Informasi harga kacang mete per Kg nya berapa dari petani.

    terimakasih

    ttd

    sumadi

    • Saya berlokasi di Pulau Sumba-NTT. Tempat saya adalah penghasil mete glondongan. harga per kilonya: Rp. 12-15rb rupiah. Jika berminat sy bisa membantu. saya bukan pengusaha tp sy penduduk asli di daerah ini. saya ingin berbisnis di bidang ini hanya terbatas pada modal. Jika berminat bisa hubungi saya:
      Email: stevans.malo@gmail.com
      HP: 082340411325

      Tq.

  11. saya dalam 1 thn terkhir telah bekerja sama dgn petani di pulau sumbawa utk memproduksi kacang mete dan selama ini kacang mete produksi kami telah di beli oleh salah satu perusahaan ekspor di bali dan kami bersyukur krn produksi kami sdh msk kualitas ekspor, yang ingin sy tanyakan bagaimana caranya utk mengembangkan usaha ini dan mencari pasar lagi … kedua: dimn sy bisa menawarkan utk kulit dr kupasan gelondong mete td?
    thanks before atas infonya…..

    • Selamat pagi P. Adhi Kencana,
      Boleh saya tahu pak Nama PT exportir di Bali serta alamat dan no. telponnya ? saya juga berminat untuk memasarkan kacang mete saya ke perusahaan tsb. Atas bantuannya kami ucapkan terima kasih.

      Januar

      • Dear Pak Januar,
        Masih bisakah supply mete glondongan?
        Hub aku 0812 8104 5595

      • Selamat pagi pak januar and all, kami salah satu exporter cashew nut..harap call back 081386002227. Tks

    • Bpk januar, bisa sms saya, brp harga mete ny dari sumbawa? no hp sy : 0878 144 231 31
      ardianasalam@yahoo.com

  12. Bpk Edi YTH :

    Saya tertarik untuk mengumpul hasil tani kacang mete ini.

    Mohon bantuannya pak agar saya bisa dapat berhubungan dengan orang yg terkait dgn bisnis ini. terima kasih

  13. Bpk Edy Yth.:

    saya juga ingin tau pak dimana saja saya harus memasarkan atau menjual hasil kacang mette yang telah saya belah.

    saya baru mau memulai untuk membuka usaha itu sekarang, tapi masih agak bingung untuk memasarkannya nanti.

    mohon petunjuknya Pak?

    • bisa hub saya.thanks

      • pak herman hub saya via email summysummy92@yaoo.com atau 08129312695

    • no hp pak herman brp ya?

    • Pak Harman

      Pasaran banyak di jakarta, saya langsung ke konsumen dijamin rutin dan harga bersaing di pasaran yang saya ambil hanya untung sedikit.

      Jumlah paling minim 120 kg per bulan…mohon hub saya 085694203215/082112281115 atau email wmirchandani@gmail.com

      trims wanti

  14. sya punya teman penghasil mtte skrg lg panene .yang igin saya tanyakan berapa harga mette sekarang yang belum dibelah (kering)

  15. Good report.

    Pak Edi , apakah pemberdayaan masyarakat hasil studi Coremap II sudah ada ? Sori agak out of topik nih …

  16. saya saat ini lagi mau usaha mete dan mau melalkukan penawaran ke berbagai PT.HERO/GIANT di jakarta, saya ingin tau gmn bentuk pemasarnya untuk meyakinkan pihak PT. HERO untuk mau mengambil mete dari kami. usaha ij kai kembangakan karena ada mandat dari lembaga kami sebagai sayap ekonominya dan untuk di ketahui lembaga kami adalah lembaga non profit . mete langsung dari centra produksi di kendari, sultra..

    • Dear Pak Arifin

      Saya wanti di jakarta, bpk tidak usah kawatir menjual ke supermarket, saya ada konsumen besar menggunakan mete tiap bulan bisa 60 kg. per outlet….bisa segera hub saya. Bahkan yang menir (belah 4 pun kami beli)….mohon hub saya segera jika masih bergerak di bidang mete. salam wanti 085694203215/082112281115/087781336835 wats app. email: wmirchandani@gmail.com
      tx wanti

  17. saya ingin memncari peluang bisnis mete tetapi saya sebagai produsen.
    bagi para pengusaha bisa memesan mete kami yang berkualitas.di wilayah solo dan wonogiri
    hub i 085642277760 jika berminat.terimakasih

    • saya berminat pak, bisa di emailkan pada saya, terutama untuk broken. saya termasuk buyer us. thanks

      • pak sammy kami menyediakan mente… sizenya campuran tapi masih utuh.. jika berminat silakan kontak saya 081939829672

    • pa candra,

      tolong email ke saya penawaran harga mete bapak per/kg dan berapa byk yg bisa bapak sediakan

      trims,
      wulan

      • bu wulan
        sy aan dari sulawesi tenggara pulau buton, kalo ibu masih beli kacang mete sy bisa siapkn sesuai kebutuhan ibu.
        Kontak sy aan 085394512550

    • Dear Pak Candra

      Saya ada konsumen di jakarta untuk mete, mereka pake sendiri, jika bpk masih bergerak di bidang supplier mete, mohon kontak saya segera. Trims wanti 085694203215 atau 082112281115

      trims

      • dear wanti
        sy dari sulawesi tenggara – pulau Buton Lombe dan 90 persn masyarakt di lombe adalh pengolah kacang mete dgn kualitas bagus, kalo mau beli dalam jumlah banyak minimal 1 ton hub sy
        .Aan 085394512550

  18. info bagus, sya suplier mete kapasitas 1 minggu 50mt, plan to ekspor, looking seriusly buyer?

    good luck for all

    god bless you

    • Alamat Anda dimana ?

    • Saya buyer bisa hub saya, dan dimana lokasi anda,
      thanks

      • utk sammy hub arielbay_82@yahoo.com utk buying, detail info. trims

      • dear sumy

        sy dari sulawesi tenggara – pulau Buton Lombe dan 90 persn masyarakt di lombe adalh pengolah kacang mete dgn kualitas bagus, kalo mau beli dalam jumlah banyak minimal 1 ton hub sy
        .Aan 085394512550

      • Sammy bisa minta nomer hp ga? Saya produsen dari solo

      • Pak adrian klo sampe jakarta yg belah 2 dan 4 bpa per kilo. Sy ada order sgra.

        Wanti 085694203215

        Sent from my BlackBerry®
        powered by Sinyal Kuat INDOSAT

    • Dear Yulianto
      Kalau masih supply mete hub aku Sudradjat 0812 8104 5595

  19. Pak terimakasih keatas informasi yang diberi Saya dari Malaysia ingin beli kacang mente dari indonesia. Saya berharga kepada pak kalau dapat hubungi saya di email atau +60192225553

    • Mr. Raja , kalau boleh tahu email nya apa yang bisa dihubungi?
      thanks.

      email : feng_alexander@yahoo.com

      regards,

      alexander

    • Dear Mr Raja
      Saya hardi bekerja di perusahaan freight forwarding sekalian penyedia barang kacang mede, jika Mr Raja berminat bekerja sama
      kami bisa menyediakan kacang mede gelondongan.
      masalah harga dan system pembayaran bisa kita bicarakan setelah anda merespon email saya. sekalian tekhnis pengiriman kacang medenya

      Please reply to my email : hardi1602@yahoo.com or :usfsmktg3@cbn.net.id
      Mobile : 087878947508

      • Dear Suhardi
        Bila masih bisa supply mete hub aku 0812 8104 5595

  20. Kepada bapak/ibu yg bergerak di bidang perusahaan kacang mete ,harap hubungi saya karena saya sudah ada buyer yang siap membeli produk kacang mete dengan quality export dan berkapasitas tidak sedikit.
    { kireichan_dane@yahoo.com }

    • bisa minta no hp nya…. soal nya saya baru mencari mete nya….

    • dear misia

      harga kacang mete olahan di tempatku skarang masih 80 and 81 rb/kilo, kalo butuh kontak sy. by aan di sulawesi buton

  21. tolong info saya berapa harga per ton row material yang belum di olah
    ukuran
    dan berapa percen kerusakan per ton

    terima kasih tel saya 081999203111

    saya membutuhkan cukup banyak

  22. sy pengusaha mete,bisa bekerja sama tentang mete

  23. Kami mebutuhkan kacang mete asal wonogiri dan sulawesi dalam jumlah besar .
    Bila ada yang berminat silahkan hub saya di
    081 399199399
    021 68882577

    Taufik Bayu Aji

  24. saran saya, sumber sumber data yang dipakai ditulis dikutip dari mana (dari Kementrian pertanian kah, atau dari BPS kah)
    biar lebih science tulisannya

  25. untuk saat ini, apakah APPMM masih running well ? apa yang harus dilakukan oleh pemerintah (pusat atau daerah) untuk petani jambu mete? dan kira-kira apa yang harus dibuat terkait pembeli mete gelondongan dari india? Mohon share infonya.

    • Jangan ke india bu, ke saya saja. harga india terlalu kecil

      • Pak sammy bisa hubungi saya di 081215904799
        atau via email izzaezizah@gmail.com
        kami bisa menyediakan kacang mede gelondongan atau yang sudah kupasan.

  26. kebetulan saya ada mete w240 20 ton siap kirim dan w320 tapi stock tinggal sedikit
    saya dari wonogiri…
    mungkin kalo tidak terburu buru 1.5 bulan lagi ada stock…
    bila ada yang minat ekspor untuk kerja sama bisa hub i 085642277760.terima kasih

    • Dear Pak Gunawan

      Tidak usa repot2 kirim expor, karena disini saja di jkt penggunaan mete luar biasa……ada 6 outlet yang menggunakan 60 kg lebih mete tiap bulan….apalagi mendekati lebaran….bisa satu outlet 2000 kg.

      Harga lokal jauh lebih baik daripada expor….asal bersih putih, yang hancur pun kami pakai.

      Mohon hub saya wanti 085694203215/082112281116/087781336835 atau email wmirchandani@gmail.com

      trims wanti

  27. salam…saya toni dari surabaya..mau tanya info penjualan mente untuk dagang…bila berkenan mohon email ke tonny_temw2001@yahoo.com..terimakasih

  28. sy butuh mete tidak utuh, klu ada yg berminat dpt hub sy

    • boleh2 aja, maaf tapi niatx saya ragukan. biasax pun hanya alat u monopoli dagang negara2 maju/konsumen. supaya tetap bisa mengendalikan harga jual pada mereka………………
      WKWKWKWKWKW………hanya org bego yg percaya!!!!!!!!!!!

  29. Saya sedang melakukan analisa untuk mengembangkan makanan olahan dari kacang mete. Apakah Lombok (NTB ) bisa dijadikan untuk suppli bahan baku ini. Mohon Info. Terima kasih

    • Saya Ahmad pak dari mataram (Lombok, NTB), disini kacang mete banyak pak tp kebanyakan blom dikupas/glondongan, klo bpk butuh kacang mete dari Lombok silahkan hub. saya di 08814711122 (Ahmad), mksh

    • Saya berlokasi di Pulau Sumba-NTT. Tempat saya adalah penghasil mete glondongan. harga per kilonya: Rp. 12-15rb rupiah. Jika berminat sy bisa membantu. saya bukan pengusaha tp sy penduduk asli di daerah ini. saya ingin berbisnis di bidang ini hanya terbatas pada modal. Jika berminat bisa hubungi saya:
      Email: stevans.malo@gmail.com
      HP: 082340411325

      Tq.

  30. Ready Mete Gelondongan, FOB Kendari
    Cek kualitas di gudang sebelum loading container.
    Out turn = 49 lbs /80 kg atau 280gr/1 kg
    Jumlah biji 180-190
    Kualitas export.
    082130168333 – Andri

    • Dear Andri
      Kalau masih bisa supply Mete, hubungi aku 0812 8104 5595
      Rgs

  31. Kami petani mete dari maluku ingin harga yg adil. Di kepulauan maluku, khususnya maluku barat daya, harga perkilo cuma 6000. Tlg kami utk mendapatx sertifikasi itu n syarat2x.

  32. saya petani penghasil kacang mete..kapasitas baru 2 ton per bulan..jika ada yang berminat pembelian serius bs menghubungi HP : 081218956711 atau email ke alamat : david.ibra74@yahoo.com.
    bagi yang berminat menjual mete glondong saya siap untuk membeli….dengan harga yang sesuai..
    Thanks

    RGDS

    david
    UD.Panenmas

    • Saya berlokasi di Pulau Sumba-NTT. Tempat saya adalah penghasil mete glondongan. harga per kilonya: Rp. 12-15rb rupiah. Jika berminat sy bisa membantu. saya bukan pengusaha tp sy penduduk asli di daerah ini. saya ingin berbisnis di bidang ini hanya terbatas pada modal. Jika berminat bisa hubungi saya:
      Email: stevans.malo@gmail.com
      HP: 082340411325

      Tq.

  33. produksi mete karnel saya dengan oven dan no LEEEEEEMMMM, hanya petani produksi dengan LEM yang merusak kualitas mete indonesia….. kami hanya menjual mete karnel…!!!!! bukan LEM…

  34. Kami mempunyai stock mete belum di kupas,mencari pembeli baik untuk ekspor ataupun domestik.
    Kwalitas product kami termasuk yg terbaik di Indonesia.
    Harga dan kapasitas bisa dibicarakan.
    Apabila ada yg tertarik bisa hub 0818963244
    Terima kasih

    • Dear Sumantri
      Kalau masih bisa supply mete hubungi aku 0812 8104 5595
      Salam

  35. Pak, mohon info no. hp & nama pengexport kacang mete. Kami ingin mensuplaynya.

    Terima kasih atas infonya

    by mahesa
    081215193976

  36. komoditas kacang mete indonesia sangat melimpah, peluang sangat bagus berbisnis di bidang kacang mete indonesia, yang telah ikut serta memenuhi kebutuhan mete dunia

  37. kebetulan bulan juli musim petik pertama mete….sampai september 2012, mete kami dari NTT,kami bisa sediakan mete dalam jumlah besar dalam keadaan utuh dengan kulitnya,jika ada yang berminat,silahkan hubungin kami-081372914234 (Lamma)

  38. mete kami dari Sulawesi Tengah dan Selatan,kami bisa sediakan mete dalam jumlah besar dalam keadaan utuh dengan kulitnya,jika ada yang berminat,silahkan hubungin kami-085655666619 (Paksindra)

  39. Sy dri dari selayar di sulsel ,,,para tengkulak dsini mmbeli mete gelondongan dgn harga rendah , untuk thun ini harga awal 8.5rb/kg n skrng tinggal 6rb/kg .

    Apakah ini sudah sesuai dengan harga mete didaerah lain ???? Mohon info.a ,,,please

  40. saya mencari agen untuk membeli kacang mete’ utuh blom di kupas

    daerah sulawesi selatan mempunyai stock kacang mete yang melimpah dengan kualitas yang bagus, jika ada yang berminat kerjasama silahkan hubuingi saya di CP 085322223491

  41. Pembeli serius dari Sydney Australia. Kacang Mete (Cashew) yang sudah dikuliti dan belum dimasak. Jenis nya W240 dan W210. Banyak nya 1(satu) kontainer. Silahkan hubungi yusraaamri@yahoo.com.au atau sms/ hp: +61433936648.

  42. kami punya stok kacang mete di daerah jawa tengah, usaha kami adalah usaha home industri, kami dapat menghasilkan sekitar 5 ton kacang mete mentah perbulan, harga yg kami tawarkan bersaing dengan harga di pasaran, jika ada yg berminat untuk membeli produk kami silahkan hubungi kami di nomor : 087886991527 (ardi).
    Terima kasih…….

  43. saya punya usaha kacang mente gelondongan asal dari Bima, jika ada yg berminat bisa hub. saya di no, 082336059668 ato email sandhi_9520@yahoo.com

  44. Sy dri Mataram NTB.ditempat sy sedang panen.belum dikupas(glondongan)cara panen kami dsni,mnunggu jambu medenya jatuh dri pohonya,baru kami ambil bijinya,agar kwalitas biji medenya bener2 bgus dan padat berisi.yg siap beli silahkan hub sy di nope

    087883537068
    Pin: 27C154A6

  45. mau tanya apa yang di maksud LBS pada jambu mente ya,misalnya 48LBS,50LBS,mohon penjelasannya Pak.

  46. @Sammy: Apa alamat email dan nomor kontak Bapak? Saat ini kami sedang panen mete di Lombok dan berminat memenuhi ekspor ke US. Ini alamat email saya: abiazra21@gmail.com. No. HP: 081360244446. An. Koko

  47. Saya berlokasi di Pulau Sumba-NTT. Tempat saya adalah penghasil mete glondongan. harga per kilonya: Rp. 12-15rb rupiah. Jika berminat sy bisa membantu. saya bukan pengusaha tp sy penduduk asli di daerah ini. saya ingin berbisnis di bidang ini hanya terbatas pada modal. Jika berminat bisa hubungi saya:
    Email: stevans.malo@gmail.com
    HP: 082340411325

    Tq.

  48. Maaf sebelumnya saya dari sulawesi tenggara,mau mencari mitra/pembeli jambu mete glondongan berhubung didaerah ini baru mau mulai panen meski belum merata,dan untuk info lebih lanjut …?
    Call my = 082195967067

  49. http://www.metekaruniapelangi.com | kacang mete

  50. Saya dai kabupaten Muna, salah satu daerah penghasil jbu mete terbesar di Indonesia dengan kuitansi terbaik.
    Saya bermaksud menginformasikan harga jambu mete olahan di daerah sy pada tingkat petani, saat ini Rp. 85 ribu per kg

    • tlg sms atau email produk mete bpk, serta daftar harga ny, ke email sy : ardianasalam@yahoo.com
      Hp : 0878 144 231 31
      trima kasih

  51. kami petani wonogiri penghasil kacang mede, kami juga semakin terjepit dengan semakin besarnya biaya produksi

  52. kami punya stok kacang mete di daerah jawa tengah, usaha kami adalah usaha home industri, kami dapat menghasilkan sekitar 5 ton kacang mete mentah perbulan, harga yg kami tawarkan bersaing dengan harga di pasaran, jika ada yg berminat untuk membeli produk kami silahkan hubungi kami di nomor 0856-2992-700 atau di http://hargakacangmete.blogspot.com

  53. Perusahaan tempat saya bekerja membutuhkan suplay kulit biji kacang mete dalam jumlah besar dan berlanjut,, bila ada suplayer yang berminat mohon menghubungi saya di alamat email saiful.soehokgie@gmail.com atau hp : 085234035811 prioritas yang ada di jawa timur.

  54. need info… untuk FOB kacang mete mentah untuk eksport,,, berikutrincian nya,, terimakasih

    • Dear Vira kapitan,
      Kemana aku harus menghubungi anda. aku perlu mete 0812 8104 5595

  55. yang berminat mente glondongan dalam jumlah banyak, bisa hubungi saya..081234621200..

  56. yang berminat mente glondongan dalam jumlah partai banyak karena dalam bulan agustus kami mulai panen, bisa hubungi saya..081234621200/email : reynoa8@gmail.com.

  57. Kami memiliki stok kacang mete gelondongan dengan stok besar, hingga 10 ton perbulan, harga dan kebutuhan dapat didiskusikan dengan menghubungi 08989003752/hadi

  58. Saya Bayu dari karangtaruna jember kec. gumukmas kami saat ini mengembangkan desa Agro sebuah desa dengan 35 dusun dengan jumlah penduduk 17500 orang. Hampir 80% adalah warga miskin/ buruh tani yang manyoritasnya pendidikan anak-anak adalah SMP. Kemudian kami mencoba untuk menanam pohon mete di setiap halaman/pekarangan rumah dan berhasil. Kami mohon dengan sangat bantuanya agar kiranya kami diinformasikan prosedur maupun pangsa pasar mete untuk eksport maupun lokal. Tujuan kami hanya satu “agar nantinya masyarakat dapat berpenghasilan” anak-anak dapat melanjutkan sekolah ketingkat SMA/ perguruan tinggi.

    • Pak Bayu

      Apakah sdh ada stock….
      Mohon info no telp atau email, saya dari Surabaya tapi asal Tanggul Jember.
      Hub. saya 081999000792

  59. Saya membutuhkan kacang mete baik glondongan (kulit) atau kupas mentah , pembayaran cash tanpa dp di butuhkan dengan jumlah kapasitas berapa ton saja di beli hub 08112416161 pls hanya yg serius .

    Regards


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: